Mengenal Text Editor

Mengenal Text Editor : Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Pastinya kalian sudah tau, dibutuhkan software atau perangkat lunak khusus yang digunakan para programmer untuk bisa menjalankan sintaks atau code yang telah mereka ketikkan. Yap, text editor. Kalian pasti tidak asing dengan istilah di samping. Namun untuk orang yang belum mengetahui, pasti akan bertannya-tanya “Apa sih text editor itu? Terus fungsinya apa?” Nah, simak artikel berikut ini.

Text Editor

Pengertian Text Editor

Seperti yang dijelaskan di atas, Text Editor adalah sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dan mengedit teks untuk dijadikan sintaks tertentu. Berbeda dengan Software pengolah kata, Text editor hanya berfokuskan pada mengolah teks. Dalam arti lain, ia hanya berfungsi untuk coding dan menjalankan bahasa pemrograman. Meski berbeda dengan software pengolah kata, keduanya memiliki beberapa fitur yang sama, seperti :

1. Pengoperasian File, Keduanya bisa membuka, mengedit, dan menyimpan file yang tersedia.

2. Copy, Paste, and Cut, Tentunya fitur ini juga bisa digunakan dalam software ini. Fitur ini memudahkan programmer untuk menyalin kode yang sama tanpa harus mengetik ulang.

3 Find and Replace, Ketika kamu ingin mencari text yang dituju sebagai kata kunci atau ingin menggantinya, keduanya bisa hanya dengan mengklik Ctrl + F.

Fungsi Text Editor

Tentunya text editor memiliki beragam fungsi , Diantaranya :

1. Membuka dan Mengedit Text

text editor

Sesuai namanya, fungsi dari software ini tentunya untuk mengedit sebuah text. Ketika kalian mendapat sebuah File HTML dan ingin mengeditnya, tentunya kalian membuka pada text editor dahulu. Ini pun berlaku untuk file-file lain dengan format CSS, JavaScript, PHP, dan lain-lain.

2. Menulis Kode Program

Kita juga bisa membuat file baru yang berisikan kode. Bagi seorang programmer, Untuk menjalankan sebuah program diperlukan kode-kode perintah. Kode tersebut ditulis pada text editor dan diberikan sintaks. Jika tidak ditulis di situ, mau ditulis dimana lagi?

3. Mencari Kata dalam Sebuah File

Memang terlihat sepele, namun ini salah satu fungsi yang memudahkan. Cukup dengan CTRL+F lalu masukkan kata yang ingin dicari, ketemu deh! Ketika terdapat file dengan ribuan kata di dalamnya, yakin ingin scroll manual dan cari satu-persatu?

4. Mengurutkan Data

Terkadang, seorang programmer juga perlu mengurutkan data untuk berbagai keperluan dengan urutan khusus. Peran text editor advanced sangat dibutuhkan disini.

5. Membandingkan File

Ketika kita mendapati dua buah file yang terlihat sama persis dan tidak diketahui perbedaannya secara manual dengan mata, Software ini juga bisa membantu pekerjaan anda dengan menganalisis lalu menunjukkan perbedaan keduanya.

Contoh-Contoh Text Editor

Berikut ini adalah beberapa contoh software pengedit teks yang mudah untuk digunakan :

1. Notepad++

text editor

Notepad++ merupakan sebuah text editor dan code editor yang bisa dijalankan pada Windows.  Software yang menggunakan komponen Scintilla ini dapat digunakan untuk coding. Ukurannya yang relatif kecil membuatnya ringan digunakan untuk digunakan membuat dan mengedit kode dari banyak bahasa pemrograman.

2. Sublime Text

text editor

Sublime Text merupakan salah satu software text editor yang banyak digunakan para programmer. Bagaimana tidak, mulai dari tampilannya yang sederhana namun memiliki fitur-fitur yang berguna. Sublime text juga menyediakan Install Package untuk fitur yang lebih lengkap. Sublime tersedia untuk berbagai Operating System seperti Windows, macOS, dan Linux. Software ini mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup. Ukurannya juga relatif ringan jadi bisa support dengan perangkat spek rendah.

3. Visual Studio Code

text editor

Visual Studio Code merupakan software code editor buatan Microsoft yang memiliki banyak sekali Extension di dalamnya. Software paling populer dikalangan developer profesional ini memiliki  berbagai keunggulan seperti performanya yang cepat serta kelengkapan fiturnya. VSCode bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, MacOS.

4. Text Editor lainnya

Selain ketiga software di atas, masih banyak lagi yang belum disebutkan disini. Kalian bisa mencari untuk dijadikan sebagai refersensi. Pada dasarnya sih, fungsi utama mereka semua sama saja. Perbedaannya terdapat pada tampilan, kelengkapan fitur, serta berbagai plug-in yang ditambahkan. Namun untuk fungsi dasar, seperti mengedit teks semua pun bisa.

Demikian artikel kita kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Apa sih HTML itu?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *