Menginstal WordPress pada Server Lokal XAMPP

Menginstal WordPress pada Server Lokal XAMPP

Hai! Jumpa lagi di artikel web. Jika pada konten sebelumnya telah mimin singgung perihal Instalasi WordPress di XAMPP, pada kali ini kita akan mempraktekkannya. Simak terus ya artikelnya!

wordpress

WordPress sendiri merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang menjadi pilihan banyak orang untuk mendesain sebuah website. Gimana tidak, CMS ini menyediakan banyak sekali tema beserta plug-in gratis yang memudahkan kita untuk berkreasi. Makanya, banyak orang yang tertarik dengan CMS yang satu ini.

Tahapan Instalasi WordPress

Ketika kalian membeli sebuah hosting, kalian juga bisa menginstall WordPress di dalamnya. Tapi untuk kita yang sedang berlatih mengembangkan sebuah website, tentunya sedikit menyayangkan ketika harus merogoh kocek untuk membeli sebuah hosting. Maka dari itu, mimin punya alternatif lain untuk Instalasi WordPress pada server lokal. Yang kalian butuhkan cuma Laptop, software XAMPP, dan file WordPress yang bisa kalian download di sini. Adapun langkah-langkahnya :

1.Ekstrak File yang sudah didownload

Setelah kalian mendownload file-nya, kalian bisa ekstrak file tersebut pada xampp>htdocs lalu ketika sudah ter-ekstrak, akan muncul folder bernama ‘wordpress’ yang bisa kalian rename sesuai yang kalian mau.

 

2.Jalankan XAMPP

Nyalakan XAMPP bagian Apache dan MySQL. Selanjutnya, jalankan PhpMyAdmin dengan mengklik ‘Admin’ pada MySQL.

 

3.Membuat Database

Langkah selanjutnya, kita membuat basis data di PhpMyAdmin. Klik ‘Baru’ lalu masukkan nama basis data. Kalian bisa memberikan nama yang sama atau berbeda dengan file wordpress tadi. Namun, saya akan menyamakan keduanya saja.

 

4.Mengakses file CMS yang diekstrak

Pada searchbar browser atas, ketikkan localhost garis miring file yang di-ekstrak tadi. Contoh : localhost/mywp lalu jalankan. dan hasilnya seperti ini :

wordpress

Jika sudah seperti di atas, klik ‘Ayo’ untuk melanjutkan.

 

5.Menghubungkan Database

Nah, saatnya kita menghubungkan database yang sudah kita buat disini. Jika sudah di langkah ini, ikuti seperti gambar di bawah :

wordpress

Sesuaikan nama basis data dengan nama yang telah kalian gunakan. Jika sudah, Jalankan pemasangan.

6.Mengisikan Informasi yang dibutuhkan

Pada tahap ini, kita akan membuat judul situs, username dan password untuk login ke akun kita, juga email. Kalian bisa mengisikan sesuai keinginan kalian. Yang mimin berikan dibawah cuma contoh ya, kalian bisa kok custom username dan passwordnya.

wordpress

Klik instal , dan hasilnya akan seperti ini :

7.Log-In akun

Kita sampai di langkah terakhir, yakni login akun yang telah kita buat. Kalian hanya tinggal memasukkan username dan password custom yang sudah kalian buat lalu klik Login.

 

 

Kesimpulan

Ketika kalian sudah mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan benar, maka hasil akhirnya akan berhasil seperti ini :

wordpress

Yeayyy, CMS berhasil di-instal dan kalian bisa membuat sebuah website dengan beragam plug-in dan tema tentunya. Selamat Berkarya! Jumpa lagi di artikel berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.