Mengenal Peranan Spesialis Web beserta Tugasnya

Mengenal Spesialis Web serta Perannya dalam membangun Website

Kita semua terlahir dengan bakat yang berbeda-beda. Salah satunya, bakat dalam mengembangkan website. Meskipun demikian, masih ada lagi pembagian tugas yang berbeda atau bisa dibilang spesialis web. Mulai dari designer, programmer, developer, sampai ke web master. Mereka memiliki peran dan tugas yang tentunya berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut.

spesialis web

 

1. Web Designer

Web Designer merupakan tahap yang paling mudah dalam pengembangan sebuah website. Seorang web designer berperan mengatur tata letak sebuah website agar terlihat menarik dan interaktif. Mulai dari mengatur warna, tata letak, gambar, grafis, animasi, dan lain-lain.  Mereka juga harus menguasai HTML dan juga CSS yang merupakan pembangun dari sebuah website. Tak hanya itu, Web Designer juga harus mampu merancang sketsa awal dari sebuah website juga menguasai User Experience (UX Design) yakni perancangan yang menggunakan perspektif pengguna. Pemahaman tentang SEO (Search Engine Optimized) juga tak kalah penting untuk peranan yang satu ini.

 

2.Web Programmer

Sesuai dengan namanya, seorang programmer bertugas untuk membuat sebuah program untuk sebuah website. Tahap ini mengharuskan kita untuk menguasai bahasa pemrograman seperti JavaScript, C++, PHP, bahkan MySQL. Bukan hanya bahasa pemrograman saja, HTML dan CSS juga tak kalah wajib loh, untuk dipahami. Web Programmer berfokus pada pengembangan web agar terlihat dinamis atau tidak monoton tampilan saja. Debugging juga menjadi salah satu tugas penting dari programmer itu sendiri. Debugging sendiri bertujuan untuk mengecek apakah ada bug dari code yang dijalankan.

3.Web Developer

Kita memasuki ke tahap developer.  Dimana kita akan membangun sebuah website dari tahap mendesain, programming, dan kita akan berurusan dengan server. Peran web developer sendiri terbagi menjadi 3 yakni :

  1. Front-end developer, seseorang yang mengurusi antarmuka website yakni mendesain website juga program yang membuat website memiliki tampilan yang menarik, interaktif, dan memiliki fitur-fitur yang berguna.
  2. Back-end developer, seseorang yang pekerjaanya berkaitan dengan server. Peran mereka adalah untuk memastikan performa dari sebuah website tetap optimal juga memastikan akses website yang aman, cepat, dan berfungsi sesuai tujuannya.
  3. Full-stack developer, merupakan gabungan antara front-end dan back-end. Seorang Full-stack developer harus mampu membangun website dari tahap mendesain, menulis kode program, bahkan berurusan dengan server.

Developer memiliki peran serta tanggung jawab yang lebih luas dibanding seorang programmer dan designer. Seorang developer harus memiliki skill perancangan logika sebuah website, mengelola database, berurusan dengan server, dan jangan lupakan penguasaan dari Client Side Scripting (HTML, CSS, JavaScript) juga Server Side Scripting (PHP, MySQL).

4.Web Master

Merupakan tahap tertinggi dari tiga tahap diatas. Web Master Bertanggungjawab atas pemeliharaan lebih dari satu website. Sebuah pekerjaan yang memerlukan keterampilan, kemampuan, serta ilmu web yang tinggi karena tidak sembarang orang bisa menyabet peranan yang satu ini.

 

Nah, kalau kalian tertarik ingin menjadi yang mana nih? Untuk menggapainya, kalian harus berusaha dengan bersungguh-sungguh. Semua itu memang harus berproses. Kita pastinya akan mengalami tahap-tahap awal, jatuh-bangun, hingga berhasil. Apapun itu, jangan pernah menyerah dan tetap semangat! Jumpa lagi di artikel berikutnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *