Apa sih HTML itu?

Apa sih HTML itu?

Mengenal HTML : Pengertian, Struktur, dan Unsur HTML

Dalam pembuatan sebuah website, tentunya diperlukan sebuah kerangka untuk menopangnya. Ibarat tubuh manusia, jika kerangka manusia adalah tulang, kerangka website adalah script yang berupa HTML. Tapi, HTML itu apa sih?

Apa itu HTML
Sintaks HTML

Pengertian HTML

Hyper Text Markup Language atau yang biasa disebut sebagai HTML adalah dasar atau kerangka dari sebuah website yang mencakup berbagai bahasa pemrograman. Dalam arti kata lain, HTML merupakan wadah bagi bahasa pemrograman seperti JavaScript, PHP, C++ dan lain-lain. HTML sendiri bukanlah bahasa pemrograman, melainkan sintaks kode yang dijalankan melalui Browser dan menampilkan hasil berupa tulisan, gambar, dan beberapa format lain sesuai dengan sintaks yang kita ketikkan.

 

Struktur HTML

Setelah memahami pengertian dari HTML, kita akan mempelajari strukturnya. Umumnya, struktur dasar sebuah html meliputi <html>, <head>, dan <body>. Tag <html> biasanya ditulis paling awal dengan format <!DOCTYPE html> ini bertujuan untuk mendeklarasikan tipe file yang dibuka di peramban adalah html. Tag <head> berisikan informasi seperti meta, pemberian title atau biasanya digunakan untuk menaruh script di dalam file html. Sementara tag <body> memuat seluruh konten yang ditampilkan pada browser atau peramban mulai dari header, container, dan footer.

 

Unsur Dasar HTML

Setelah kita memahami pengertian dan struktur dasar dari HTML, kita beranjak pada unsur-unsur dasar pada HTML meliputi  Tag, Elemen, dan Atribut pada HTML. 3 unsur tersebut merupakan unsur dasar pada HTML. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

1. Tag

Tag yaitu kode dasar untuk mengatur jenis apa teks tersebut ditulis dan akan diterjemahkan browser untuk outputnya. Singkatnya, Tag merupakan perintah dasar untuk browser menerjemahkan sintak yang kita tulis. Hasil bisa berupa style text kita yang berubah seperti bold, italic, atau underlined atau berupa heading, paragraf, hyperlink,  list dan lain-lain tergantung jenis tag yang kita gunakan. Penulisan tag diawali dengan <> dan diakhiri dengan </>. Contoh tag dasar beserta penjelasannya :

<b>Tebal</b> mempertebal teks (bold).

<i>Miring</i> italic style/ membuat teks miring.

<u>Garis bawah</u> underlined atau teks bergaris bawah.

<p>Paragraf</p> untuk membuat paragraf.

<h1>,<h2>,<h3>,<h4>,<h5>,<h6> merupakan tag heading. semakin kecil angka, semakin besar ukuran heading yang ditampilkan.

2. Elemen

Selanjutnya adalah elemen. Singkatnya, elemen merupakan isi dari tag atau bisa dibilang ‘diapit’ oleh tag karena sintak penulisannya berada di tag pembuka dan penutup. Contoh :

<b>Bold</b>

Dari contoh di atas, <b>merupakan tag, sementara Bold merupakan elemen.

3. Atribut

Merupakan instruksi yang ditambahkan ke dalam tag berupa name, value, class, id dan lain-lain. Atribut juga bisa berperan sebagai CSS inline dari HTML karena bisa kita gunakan untuk menambah style dari tag yang kita gunakan. Contoh penggunaan atribut :

<p align=”left”>paragraf</p>

<a name=”link1″>klik</a>

Bisa kita perhatikan dari contoh di atas, pada tag <p> digunakan atribut align guna mengatur perataan dan pada tag <a> digunakan atribut name yang berfungsi menamai link tersebut.

Kesimpulan

HTML berperan sangat penting sebagai kerangka dari sebuah website. Struktur dasar HTML sendiri terdiri dari <html>,<head>,dan <body> dan pada HTML memuat 3 unsur utama yakin tag, elemen dan atribut.

Setelah kita mengetahui dasar-dasar pada HTML, selanjutnya kita akan mempelajari lebih dalam tentang format teks pada HTML di artikel selanjutnya. Mulai dari paragraf, list, tabel dan lain-lain. Nantikan terus artikel dari kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *